Rakernas Majelis Diktilitbang, 5 Rektor Ini Resmi Dilantik Sekaligus

Rektor Baru UM Metro, UM Purworejo, UMPP, UMTAS, STIKES Muhammadiyah Aceh

Rakernas Majelis Diktilitbang, 5 Rektor Ini Resmi Dilantik Sekaligus

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Ada yang unik pada agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Surabaya. Pasalnya selain agenda Rakernas juga ada momen sakral yakni pelantikan Rektor dari lima Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang disaksikan oleh ratusan peserta utusan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia pada Selasa (2/5/23)

Kelima Rektor yang dilantik diantaranya: Rektor Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro), Rektor UM Purworejo, Rektor UM Pekajangan Pekalongan, Rektor UM Tasikmalaya (UMTAS), dan Ketua STIKES Muhammadiyah Aceh.

Kelima Rektor PTMA ini dilantik langsung oleh ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Bambang Setiaji, pasca dibacakan SK pengangkatan Rektor/Ketua oleh Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Ahmad Muttaqin. Ph.D.

Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga PP Muhammadiyah Dr. Irwan Ajib mengucapkan selamat kepada 5 pimpinan PTMA yang baru saja dilantik saat berkesempatan memberikan amanah.

“Terdapat beberapa hal yang perlu saya sampaikan, yang pertama atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah, saya mengucapkan selamat atas amanah yang saudara-saudara akan emban selama satu periode ke depan,” katanya.

Ia kemudian mengingatkan bahwa jabatan tak selamanya sehingga perlu perencanaan yang matang.

“Yang kedua bahwa setiap awal itu akan ada akhirnya. Oleh karena itu, ketika saudara-saudara hari ini dilantik sebagai pimpinan perguruan tinggi (Muhamammadiyah), maka insya Allah 4 tahun ke depan, saat tiba waktunya, akan berakhir. Itu artinya apa, sejak sekarang saudara harus mempersiapkan diri dan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Menurutnya, segala sesuatu yang tidak dicanangkan dengan baik , maka nanti pada saatnya akan menjadi power syndrom. Ia menghimbau kepada para Rektor yang dilantik harus membawa perguruan tinggi sebagaimana tagline Muktamar yakni Unggul Berkemajuan.

Menurutnya seorang pemimpin masa kini bisa dikatakan sukses apabila mampu mencetak generasi yang cemerlang untuk menjadi pemimpin masa depan.

Ia juga menyebut, salah satu fungsi PTMA adalah pengkaderan. Seorang pemimpin yang sukses, salah satunya adalah ketika mampu menyiapkan dan menginspirasi lahirnya calon pemimpin berikutnya dan bukan hanya satu yang disiapkan, namun lebih, lima atau sampai berapa orang yang disiapkan hingga pada saatnya nanti kita tidak kekurangan lagi pemimpin. (Riz)

Exit mobile version