Meneguhkan 8 Standar Mutu Asrama PTMA

Meneguhkan 8 Standar Mutu Asrama PTMA

BANTUL, Suara Muhammadiyah, Anggota Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag., menyampaikan materi pada acara Pelatihan Leadership dan manajemen Asrama Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA).

Agenda ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Asrama Mahasiswa (Aslama) PTMA dengan tema  Standar Mutu PTMA Di Asrama Mahasiswa” yang diikuti 71 orang dari 36 PTMA seluruh Indonesia secara luring. Dibuka oleh Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M. Sc.,  Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Berlangsung selama 3 (tiga) hari tanggal 18 – 20 Mei 2023, dan dimulai hari Kamis, 18 Mei 2023 di Ruang Amphitheater Lantai 7 Fakultas Kedokteran di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Jalan Ahmad Yani, Tamanan, Banguntapan,  Kabupaten Bantul.

Adapun materi yang diterima oleh peserta pelatihan Leadership dan Manajemen asrama tersebut adalah  Standar Mutu PTMA Di Asrama Mahasiswa.

Sutrisno menjelaskan bahwa Muhammadiyah adalah Gerakan Islam, Gerakan Da’wah Amar Ma’ruf Nahi Munkar, dan  Gerakan Tajdid yang bersumber pada Al-Qur‘an dan As-Sunnah.

Sutrisno yang juga Guru besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta  menjelaskan Maksud dan tujuan Muhammadiyah adalah menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Sutrisno menjelaskan Kembali bahwa Muhammadiyah bersumber pada al-Qur’an dan As-Sunnah.

Bagaimana maksud Al-Qur’an dan As-Sunnah menjadi sumber PTMA?

Menjadi sumber bagi pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa PTMA 

Sutrisno menegaskan bahwa Visi Pendidikan Muhammadiyah adalah Terbentuknya manusia pembelajar yang bertaqwa, berakhlak mulia, berkemajuan dan unggul dalam Ipteks sebagai perwujudan tajdid dakwah amar makruf nahi munkar

Sedangkan Visi PTMA adalah Mewujudkan insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri.

 Sutrisno menegaskan kembali bahwa Misi PTMA ada 4 (empat), yaitu :

Pertama, Melaksanakan kegiatan pendidikan tinggi Muhammadiyah yang memadukan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan ilmu pengetahuan dan teknologi secara selaras, serasi, dan seimbang.

Kedua, Mengajarkan dan mengamalkan ajaran agama Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Ketiga, Menciptakan, mengembangkan, dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian.

Keempat, Melaksanakan pembinaan Kemuhammadiyahan secara terpadu, terencana, dan terlaksana dengan baik.

Sedangkan Tujuan PTMA adalah :

Pertama, Berkembangnya potensi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, cerdas, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Kedua, Terwujudnya kemampuan penciptaan, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, bangsa, negara, dan umat manusia.

Ketiga, Terbinanya Keislaman dan Kemuhammadiyahan yang mencerdaskan dan mencerahkan bagi seluruh sivitas akademika dan kehidupan yang lebih luas.

Sutrisno menegaskan Kembali dalam memanage asrama mahasiswa ada 4 (empat) hal, yang meliputiVisi, Misi, Tujuan, dan Standar Mutu.

Adapun Visi Asrama adalah Mewujudkan kader Muhammadiyah yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT,  dan berakhlak mulia.

Sedangkan Misi Asrama adalah Melaksanakan kegiatan pembinaan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Mengajarkan dan mengamalkan ajaran agama Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah; dan Melaksanakan pembinaan Keislaman dan Kemuhammadiyahan secara terencana dan terlaksana dengan baik.

Tujuan Asrama adalah Melaksanakan kegiatan pembinaan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Mengajarkan dan mengamalkan ajaran agama Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah serta Melaksanakan pembinaan Keislaman dan Kemuhammadiyahan secara terencana dan terlaksana dengan baik.

Sutrisno menjelaskan Kembali bahwa ada 8 (delapan) Standar Mutu Asrama, meliputi :

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi
  3. Standar Proses
  4. Standar Penilaian
  5. Standar Sumber Daya Manusia (SDM)
  6. Standar sarana dan prasarana
  7. Standar pengelolaan
  8. Standar pembiayaan

  (Supardi)

Exit mobile version