Taruni SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban Ikuti Pelatihan HACCP

Taruni SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban Ikuti Pelatihan HACCP

TUBAN, Suara Muhammadiyah – Demi menyempurnakan kompetensi para Taruni jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi), SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban memberangkatkan 14 Taruninya untuk mengikuti pelatihan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP).

Pelatihan ini bertempat di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Tegal, berlangsung selama 4 hari, dimulai Selasa, 23 Mei dan berakhir pada Jum’at 24 Mei, 2023.

Suyanto selaku kepala SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban dalam satu kesempatan mengungkapkan bahwa, Sekolah memiliki kewajiban mencetak lulusan yang profesional di bidang keahlian perikanan.

Untuk mewujudkan komitemen tersebut, pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa pihak untuk mengadakan pelatihan. Salah satunya dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Tegal, Jawa Tengah.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk mencetak lulusan yang profesional dan berdaya saing, baik dalam negeri maupun luar negeri, khususunya di Jepang,”ungkap Suyanto.

“Kerja sama terus kami lakukan dengan beberap instansi, salah satunya adalah BPPP Tegal. Sinergi ini telah terjalin lama, dan kami berharap akan terus berlanjut, demi mencetak anak-anak bangsa yang profesional sesuai tuntutan industri,”imbuhnya.

Sementara itu, Ahmad Harianto selaku sub koordinator pelatihan BP3 Tegal pada pembukaan pelatihan yang bertempat di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Tegal meminta agar para peserta mempersiapkan diri dalam menghadapai pelatihan ini.

“Waktu hanya 4 hari, maka pergunakan waktu ini dengan sebaik-baiknya, jaga kesehatan. Jangan karena berkumpul dengan teman-teman lalu begadang sampai lupa waktu, hal ini akan mengganggu aktifitas kalian dalam mengikuti pelatihan ini,”pungkasnya.

Sementara itu, Sumono selaku penguji dari Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan mengungkapkan bahwa, di dunia perikanan, kunci mutu produk itu berkualitas, salah satunya ada di tangan para penanggung jawab mutunya.

“Di sini, kami menyiapkan adik-adik agar bisa mengisi posisi-posisi itu. Bisa menjadi penanggungjawab kualitas di industri yang benar-benar berkompeten,”ungkapnya.

Kata dia, HACCP merupakan tuntutan pasar menjadi persyaratan yang wajib dimiliki, bukan hal yang bersifat sukarela.

Pelatihan yang berlangsung selama 4 hari ini akan didampingi langsung oleh 2 tenaga ahli dari Kementrian Perikanan dan Kelautan yaitu, Sumono dan Tithis Amstroningtyas.

Perlu diketahui bahwa, HACCP merupakan metode sistematis berbasis sains yang akan mengidentifikasi risiko bahaya pada proses produksi serta pengendalian untuk memastikan keamanan dari produk pangan yang diproduksi. (Iwan Abdul Gani)

Exit mobile version