Dosen FAI UMSU Lakukan Pengabdian di Lazismu Langkat

Dosen FAI UMSU Lakukan Pengabdian di Lazismu Langkat

LANGKAT, Suara Muhammadiyah – Sebagai bentuk implementasi Tridharma Perguruan Tinggi Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) adakan pengabdian kepada masyarakat pada ahad 11/06/2023 di Aula Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Langkat Jalan Pendidikan No.7.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan Dosen FAI UMSU merupakan program hibah Internal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang mendanai para dosen-dosen di lingkungan kampus UMSU guna melakukan penelitian dan pengabdian sebagai bentuk dukungan UMSU kepada para Dosen dalam mengembangkan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Salah satu tim pemenang Hibah Internal UMSU dalam Skim Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebagai yakni sebagai Ketua Pengusul Syahrul Amsari, S.E.Sy.,M.Si dan dua anggota Isra Hayati, M.Si, Ahmad Afandi, S.Kom.,MM serta melibatkan tiga orang mahasiswa Dimas Dwi Permana, Nangku Buana dan Lutfi Alamsyah.

Tema yang kami usung pada kegiatan pengabdian kali ini yakni “Pelatihan Fundraising Berbasis Digital Marketing Bagi Amil Untuk Meningkatkan Penghimpunan ZIS Pada LAZISMU Kabupaten Langkat” kata Syahrul.

Syahrul Amsari, S.E.Sy.,M.Si mengatakan “Kagiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggandeng LAZISMU Kabupaten Langkat sebagai mitra pelaksana yang dilakukan dalam bentuk pelatihan bagi para pengurus serta amil”. Yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Fundraising Berbasis Digital Marketing sehingga dapat meningkatkan penghimpunan Zakat, Infak, Shodaqoh (ZIS) tambah Syahrul.

Senada dengan itu Hasanuddin yang mewakili PDM Kabupaten Langkat dalam sambutanya sekaligus membuka acara mengucapkan banyak terimaksih kepada tim PKM UMSU sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

“Ia berharap tak hanya sampai disini saja, semoga kegiatan semacam ini bisa terus dilakukan oleh dosen-dosen UMSU”. Tambah hasanuddin.

Pelatihan ini diikuti lebih kurang 30 peserta yang terdiri dari Pengurus Lazismu Langkat, Amil serta pengurus kantor layanan lazismu se kabupaten langkat. Irfan, MA selaku Ketua LAZSIMU Langkat juga mengatakan sangat senang dan antusias kegiatan yang dilakukan tim PKM UMSU.

Kami menyambut baik atas kehadiran tim PKM dari UMSU karena memang pelatihan dan materi seperti ini yang kami butuhkan di LAZISMU Langkat. Kata Irfan.

Dalam paparan materinya Syahrul menyampaikan bahwa fundraising merupakan ujung tombak dalam sebuah lembaga filantropi seperti ZIS, dimana fundrasing memiliki tugas penting dalam menghimpun dana Zakat, Infak, shodaqoh serta sumber lainya yang halal. Maka perlu penguatan serta pemahaman yang paripurna bagi para pengurus lazismu.

Pemateri kedua Isra Hayati, M.Si menyampaikan materi tentang pencatatan akuntansi ZIS yang tujuan memberikan pemahaman kepada peserta terkait bagaimana mencatat penghimpunan ZIS yang diperoleh serta kemana ZIS yang disalurkan sehingga hal ini dapat memberikan kepercayaan kepada para muzzaki serta calon muzzaki untuk membayarkan ZIS nya di LAZISMU serta transparansi dalam pengelolaan keuangan.

Dan pemateri terakhir diisi oleh Ahmad Afandi, S.Kom.,MM dengan materi Pemanfaatkan Digital Marketing Dalam Fundraising. Ia menjelaskan bahwa teknologi yang semakin berkembang mampu menjadi faktor penting dalam menghimpun ZIS secara digital. Dimana kita tahu bahwa dengan mengoptimalkan digital tentunya lebih sangat efektif menyasar para muzzaki sehingga penghimpunan ZIS juga dapat semakin meningkat.

Kegiatan ditutup dengan diskusi dan Tanya jawab. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Seperti salah satu peserta yakni Sholihin Nur Tarigan Tua ia merasa senang akan adanya pelatihan ini karena dapat menambah pengetahuannya terkait pengembangan Lazismu langkat ke depannya.

Kami senang sekali kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di lazismu langkat, karena materi ini juga yang sangat dibutuhkan para pengurus lazismu langkat ditambah lazismu langkat juga baru setahun berjalan jadi sangat butuh pelatihan-paltihan. Kata sholihin.

Turut hadir dalam kegiatan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Langkat, Ketua LAZISMU Langkat, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Langkat, Serta Unsur Pengurus Lazismu se Kabupaten Langkat. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version