Kiat-kiat Haji Mabrur

Jama'ah Haji KIBHU Aisyiyah DIY Ikuti  Pengajian bersama PCIM  Saudi Arabia

Kiat-kiat Haji Mabrur

MEKAH, Suara Muhammadiyah – Kamis 22 Juni 2023 pagi Pukul 08.30-10.30 WAS bertempat di Musholla PR3semua jama’ah Aisyiyah DIY hadir mengikuti agenda mengikuti  Pengajian bersama PCIM (Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah) Saudi Arabia dengan tema Kiat-kiat Haji Mabrur.

Adapun pemateri dari PCIM Arab Saudi adalah Ustadz Fazlur Rahman Rosyadi LC yang berasal dari Sukoharjo, Jawa Tengah Mahasiswa (Islamic University of Madinah) selaku Ketua Majelis Pembinaan Kader PCIM dan Ustadz Maulana Sulton dari Madiun, Jawa Timur Mahasiswa (Islamic University of Madinah) selaku  Bendahara PCIM.

“Haji adalah special karena yang mampu melaksanakannya oleh karena itu harus dijalankan dengan memaksimalkan ibadahnya dan target maksimal adalah haji yang mabrur,” ujar Fazlur Rahman.

Rukun paling tinggi adalah di Arofah dimana Doa wukuf di Arofah di ijabah dan dimaksimalkan doa kita di Arofah waktu sesudah Dzuhur sampai sebelum Maghrib selama 6 jam, oleh karena itu doa harus disiapkan dan selama 6 jam di Arofah itu senilai dengan ibadah apabila dibandingkan dengan seumur hidup.

Dalam haji kita harus selaku meniatkan agar haji di jaga dan dimudahkan Allah jangan sampai hanya karena  riyak  dan sumah.   Dalam ibadah haji harus mengetahui rukun dan sunah haji dan mengetahui ilmunya menjadi sangat penting dan dilakukan dengan usaha yang sebaik baiknya.

Sementara itu ada yang kita tinggalkan yakni  Rofasf yakni melakukan perkataan buruk seperti Ghibah, berbohong dan mencuri.

Dillanjutkan dengan penjelasan teknis pelaksanan Tarwiyah dan pelaksanaan haji oleh ketua kafilah Prof. Sukamto yang menjelaskan bahwa tahun ini yang melaksanakan Tarwiyah _+ 600.000 orang  sedangkan dari magtab 66 yang sebagian besar dari jamaah KBIHU Aisyiah kurang lebih 1600 orang.

Pada tanggal 7 Dzulhijah 1444 bertepatan dengan 25 Juni 2023 jamaah sejumlah 1600 akan di mobilisasi serta diberangkatkan secara bergiliran dari hotel Afaq Almasher di mulai dengan kelompok   47 sampai 57 ke Mina untuk melaksanakan tarwiyah.

Pada tanggal 9 Dzulhijah 1444 bertepatan pada tanggal 27  juni 20223 puncak ibadah haji dimana  jama’ah berada di Arofah melaksanakan wukuf. Sebagaimana disampaikan salah satu jama’ah haji Sumarah M.Pd KBIHU Aisyiyah dari Sleman kepada contributor Arief Hartanto pada Kamis malam.

Selanjutnya beliau menerangkan pelaksanakan haji secara urut dan perbekalan yang harus di bawa dan menerangkan pelaksanaan haji yang sakit dan wanita yang berhalangan atau sedang Haid.

Materi yang sebenarnya berat ini disampaikan dengan santai di selingi dengan kelucuan sehingga mudah diterima para jama’ah guna melakukan penguatan persiapan ibadah haji. (arif)

Exit mobile version