Sosialisasi Pengemasan Produk Tepat Guna UMKM

Sosialisasi Pengemasan Produk Tepat Guna UMKM

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Alternatif Periode 87 menyelenggarakan Sosialisasi terkait “Pengemasan Produk Tepat Guna dan Pembuatan Logo Produk UMKM.” Sosialisasi ini bertempat di Balai Kantor RW 02 Serangan, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta pada Rabu (12/07) malam. Sosialisasi ini diisi langsung oleh Mahasiswa KKN UAD unit IV.C.2.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penggiat UMKM yang belum memahami terkait pengemasan yang baik dan tepat. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pelaku UMKM peduli terhadap kualitas produk yang mereka pasarkan. Selain itu, Mahasiswa KKN UAD unit IV.C.2 mengajarkan terkait pembuatan logo yang tepat untuk setiap produk, yang bertujuan untuk marketing dan sebagai ciri khas dari setiap produk.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh penggiat UMKM di RW 02 dan dihadiri oleh Sekretaris RW dan Ketua PKK RW 02 Serangan. Acara tersebut berjalan dengan lancer dan Lulu Fitriani selaku narasumber pada sosialisasi dan mahasiswa KKN UAD unit IV.C.2. dari Prodi Biologi UAD menjelasakan mengenai fungsi,tujuan, manfaat, jenis, syarat, dan penggolongan kemasan serta pentingnya pembuatan logo dan legalitas dalam produk agar memiliki ciri khas dan daya Tarik bagi konsumen.

Kemudian kegiatan ini dapat berjalan dengan adanya interaksi aktif antara narasumber dan seluruh peserta. Hal ini juga didukung dengan kerjasama antar mahasiswa KKN unit IV.C.2. yang ikut serta aktif mempersiapkan dan mendampingi selama acara sosialisasi berlangsung.

Antusias peserta dapat terlihat dari keaktifan warga dalam menanyakan mengenai hal yang mereka belum pahami, salah satunya yang menjadi pertanyaan yaitu dari Koes selaku penggiat UMKM produk kacang goreng antusias mengikuti sosialisasi dan bertanya terkait tips pengemasan yang menarik pelanggan, kemudian terkait pengajuan legalitas dan pembuatan logo di era digital itu seperti apa?

Dari hal itu mahasiswa KKN UAD unit IV.C.2 dengan semangat menindak lanjuti dengan membantu membuat logo dan menjadi narahubung kepada pendamping UMKM RW.02 Serangan. Dengan adanya Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat, kreativitas, dan daya tarik pada Produk UMKM RW.02 Serangan. (Tyas Permata)

Exit mobile version