Jihad Kemanusiaan, Masjid IQRO Perdana Gelar Donor Darah

Jihad Kemanusiaan, Masjid IQRO Perdana Gelar Donor Darah

BREBES, Suara Muhammadiyah – Ahad, 30 Juli 2023 Pengurus Masjid IQRO Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes perdana menggelar bakti sosial berupa donor darah, sebagai bentuk kepedulian sesama umat manusia yang juga merupakan jihad kemanusiaan.

Wakil Ketua Ketua Pengurus Masjid IQRO, Bambang Wahyudi, menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini adalah perdana diselenggarakan oleh Masjid IQRO PRM Kluwut bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Brebes.

“Kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk yang mendorong bahwa fungsi masjid tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, namun juga bisa dijadikan sebagai pusat kegiatan sosial dan kesehatan, selain itu kegiatan seperti ini juga merupakan sebuah bentuk implementasi dari spirit ta’awun dan kontribusi nyata jamaah masjid untuk membantu orang-orang yang sangat membutuhkan darah khususnya di Kabupaten Brebes”, tambah Bambang Wahyudi.

Kegiatan donor ini diselenggarakan tepat setelah pelaksanaan kegiatan Kajian Rutin Akhir Bulan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bulakamba, dengan harapan bukan hanya jamaah Masjid saja yang melakukan donor darah, akan tetapi juga jamaah pengajian PCM Bulakamba.

Selain itu menurut Syamsuri Zaenal Faizin yang merupakan Ketua PRM Kluwut, juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menyampaikan informasi kegiatan donor darah ini kepada pihak pemerintah desa, hal ini dilakukan agar pihak pemerintah desa dapat menghimbau ke seluruh masyarakat untuk hadir dan melakukan donor darah di Masjid IQRO.

Sekretaris pengurus Masjid IQRO, Nurrokhman menyampaikan bahwa pihaknya sangat bersyukur, karena kegiatan perdana donor darah ini bisa berjalan dengan baik dan diikuti oleh lebih dari 20 orang pendonor, dimana setiap pendonor juga mendapatkan bingkisan dari PMI Kabupaten Brebes. Ia berharap agar kegiatan donor darah ini bisa rutin dilaksanakan di Masjid IQRO, sebagai bentuk kontribusi masjid terhadap aspek sosial dan kemanusaiaan. (HENDRA A)

Exit mobile version