Peletakan Batu Pertama, Awali Pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMGO

Peletakan Batu Pertama, Awali Pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMGO
GORONTALO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) begitu serius membangun fasilitas pendidikan. Terkini, Rektor UMGO bersama Bupati Gorontalo meletakkan batu pertama pembangunan gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Agustus (05/8/2023).
Peletakan batu pertama dilakukan Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masong, Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo, Ketua PWM Gorontalo, Dr. Sabara Karim Ngou, para anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, pihak Bank Indonesia cabang Gorontalo, pihak Bank BRI cabang Gorontalo, dihadiri juga oleh Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluawa, Wakil Rektor II, Dr. Salahaduin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Ramla Alkatiri, M.Si.,
Gedung Fakuktas Kedokteran UMGO nantinya akan menjadi pusat pembelajaran kedokteran. UMGO bakal menyiapkan laboratorium beserta alat canggih penunjang pembelajaran.
Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong mengatakan akan mengabadikan nama sosok pemimpin nomor satu di Kabupaten Gorontalo yakni Prof Nelson Pomalingo sekaligus mantan rektor UMGO itu pada Gedung yang akan dibangun tersebut.
“Gedung ini akan kami beri nama Nelson Pomalingo sebagai bentuk apresiasi UMGO kepada Bupati Nelson atas dedikasinya mulai saat menjabat Rektor UMGO hingga kini menjadi Bupati dan semoga dengan nama ini menjadi penyemangat untuk kita semua,” ungkapya.
Prof Kadim juga memohon doa dan dukungan agar seluruh proses pembangunan Fakultas Kedokteran diberikan kelancaran dan bisa segera beroperasional.
“Mohon doa dan dukungan penuh dari seluruh pihak yang hadir saat ini baik pemerintah daerah dan provinsi agar upaya yang lama kita rintis ini berbuah manis. Tak lupa kami menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bermitra dan bekerjasama dengan kami agar kampus ini berjalan sebagaimana dengan kita harapan,” harapnya.
Manfaat dengan lahirnya Fakultas Kedokteran adalah sebagai wadah agar  putra -putri daerah untuk menggapai mimpinya menjadi dokter dan menjawab permalasahan kekurangan dokter baik di Gorontalo dan Indonesia.
“Kehadiran Fakultas Kedokteran akan memberikan dampak yang baik di Desa dan Wilayah tempat kampus itu berada, selain itu keuntungan desa maupun wilayah dengan adanya kampus ini tentunya menjadi perkotaan baru, dan itu di desa pentadio timur Kecamatan Telaga Biru. Kalau ada fakultas kedokteran maka secara akan muncul Rumah Sakit dengan begitu pertumbuhan ekonomi akan semakin cepat,” ucapnya.
Sementara itu, Bupati Nelson sangat mengapresiasi kepada UMGO yang terus membuktikan bahwa prestasi UMGO sebagai PTS terbaik di Gorontalo adalah benar adanya dengan berbagai terobosan yang telah dilakukan, dan terobosan yang sangat luar biasa saat ini adalah dengan pembukaan dan pembanguan Fakultas Kedokteran.
“Kehadirian UMGO di Telaga ini membawa dampak dari semua bidang mulai dari SDM hinggga Ekonomi. Perguruan tinggi menjadi sinyal yang ada diwilayah, dampak ekonomi  dengan adanya Universitas ini sangat bear oleh karena itu kehadiran perguruan tinggi harus selalu kita dukung dan fasilitasi. Apalagi Fakultas Kedokteran ini yang penerimaanya secara nasional akan mengundang calon mahasiswa tidak hanya di Gorontalo saja, Fakultas ini juga sudah dirintis sejak saya rektor kurang lebih 8 tahun lalu maka jika kita semua kompak saya yakin dan percaya Fakultas kedokteran menjadi lambang dari kemajuan kampus ini, dan kehadirannya menunjukkan tingkat keilmuan yang tinggi. Pembangunan fakultas kedokteran menandai kehebatan kampus ini,” tandasnya
Menanggapi pemberian nama Gedung Nelson Pomalingo, ia menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan dan dengan hal ini menandakan sebuah keikhlasan.
“Bagi saya, bukan karena nama diabadikan, tapi ini menjadi semangat dan inspirasi bagi kita semua bahwa dalam berbuat tidak boleh karena hanya nama, tetapi keikhlasan bagaimana fakultas kedokteran ini lahir. Kita berharap apa yang dilakukan hari ini semangat membangun itu yang utama,” tutupnya. (Jay/Riz)
Exit mobile version