Peringati Milad ke-60, TK Aisyiyah Leksono Adakan Kemah Pra-Athfal

Peringati Milad ke-60, TK Aisyiyah Leksono Adakan Kemah Pra-Athfal

WONOSOBO, Suara Muhammadiyah – TK Aisyiyah Leksono, Wonosobo adakan kegiatan kemah keluarga guru, siswa dan orang tua. Kegiatan di laksanakan di lapangan kelurahan Leksono, kecamatan Leksono Kab. Wonosobo. Acara dilaksanakan sejak pagi Jum’at, 18/08/23. Kemah keluarga ini diikuti oleh ratusan siswa beserta orang tua siswa. Acara kemah dibuka oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah.

Kegiatan yang mengambil tema “Melalui Pandu HW Pra-Athfal kita Wujudkan Generasi Cinta Tanah Air dan Lingkungan Sejak Dini” bertujuan untuk mengeratkan hubungan antara guru dan orang tua murid serta mengasah kerjasama antara orang tua dan anak. “Kemah ini juga momentum untuk saling lebih mengakrabkan diri antara guru dan orang tua karena ini tahun ajaran baru” Ujar Ibu Farina Zulidiyanti, S. Pd. AUD.

Kemah keluarga ini juga dalam rangka peringatan 60 tahun TK Aisyiyah Leksono yang lahir pada tanggal 18 Agustus 1963. Hingga saat ini TK Aisyiyah Leksono Wonosobo telah mencatat sebanyak 3643 nomer induk murid. “Banyak yang sudah jadi mbah-mbah sekarang alumninya”, sambung Bu Farina.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang yang positif dari orang tua siswa. Ragil, ibu dari Radeva (4th) siswa kelas A1 TK A mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan, bisa menjalin kerjasama antara orang tua dan anak. “Selain itu hal ini juga menambah pengalaman, kemandirian serta keberanian bagi anak, ini kegiatan kemah pertama yang diikuti oleh anak-anak” ujar Ragil yang berasal dari Kauman Kec. Selomerto, Wonosobo. Radeva juga senang saat ditanya kesannya mengikuti kegiatan ini.

Senada dengan Ibu Ragil, Ibu Puji, wali siswa dari Byan siswa kelas A2 TK A mengatakan kegiatan ini menyenangkan bagi orang tua dan juga murid. “Bisa melatih kemandirian anak” ujarnya.  Ainayya Rizki Azalia, siswi kelas B1 TK Asiyiyah Wonosobo mengatakan senang ikut kegiatan ini. “Ada kemah dan juga bikin layang-layang” katanya.

Sejak pagi, orang tua dan murid bekerjasama untuk mendirikan tenda yang mereka bawa masing-masing dari rumah. Dari sekolah menyediakan tujuh tenda. Setelah pendirian tenda para peserta senam bersama dan dilanjutkan dengan permainan-permainan. Turut hadir ibu-ibu dari Aisyiyah cabang Leksono yang datang mensuport dan mendukung kegiatan ini.

Guru kelas TK A1 ibu Sri Koerniasih mengatakan bahwa kegiatan ini salah satunya adalah bertujuan untuk melatih dan membiasakan kerjasama orang tua dan murid serta mendidik anak untuk mandiri. Pendidikan anak-anak, selain disekolah dididik oleh guru di rumah juga butuh Kerjasama orang tua dalam mendidik anaknya.

Rangkaian kegiatan kemah keluarga ini juga diisi dengan permainan dan festival layang-layang. Menurut Ramanda Trisno Sujati dari Kwarda Gerakan Kepanduan HW Wonosobo yang sekaligus menjadi instruktir permainan dalam acara ini mengatakan, kegiatan pengenelan HW Pra Athfal merupakan salah satu dari program yang telah disahkan oleh PW Hizbul Wathan Jawa Tengah. “Dulunya Bernama Hizbul Wathan PAUD, HW di tingkat Pra Athfal itu sudah masuk kegiatan pembelajaran bukan ekstra seperti di sekolah dasar atau menengah”, katanya menambahkan.

Ibu Farina Zulidiyanti selaku Kepala Sekolah TK Aisyiyah Leksono mengatakan bahwa pendirian tenda Bersama anak dan orang tua, kemudian senam ceria HW, dilanjutkan dengan permainan mengasah kecerdasan anak dan festival laying-layang  bertujuan untuk mengasah kecerdasan kreatifitas anak-anak.

Tk Aisyiyah Leksono hingga saat ini memiliki 108 murid dan 16 murid di  TK jarak jauh  jauh Serayu, total murid saat ini berjumlah 124 anak. Di TK Aisyiyah Leksono ada  9 orang  guru, 1 merangkap kepala sekolah, 1 merangkap administrasi dan 7 guru kelas. Dan jumlah kelas sebanyak 8 kelas. TK ini pertama kali berdiri diprakarsai oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah periode tahun 1963.

Farina Zulidiyanti yang menjadi kepala sekolah sejak 2018 ini berharap dengan kegiatan rutin tahunan ini, kerjasama anak dan orang tua dengan guru bisa lebih akrab dan lebih kekeluargaan. TK Aisyiyah yang telah berumur 60 tahun ini memiliki murid yang datang dari berbagai daerah baik itu dari kecamatan yang ada di sekitar Wonosobo, maupun dari Sigaluh, kabupaten Banjarnegara.

Dengan Visi misi meujudkan geneasi sehat, qur’ani, cerdas, beradab dan berkemajuan serta kegiatan unggulan yang mampu menanamkan karakter pada anak. TK Aisyiyah Leksono diharapkan mampu menjadi salah satu Lembaga Pendidikan yang islami dan berkemajuan. Saat ini TK Aisyiyah Leksono menjadi Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 3.  “Di antara kegiatan unggulan kita ada Pembiasaan sholat Dhuha, tadarus qur’an serta TPQ di siang hari” pungkas Ibu farina.

Menjalang siang hari, Kegiatan berakhir dengan pembokaran tenda oleh orang tua dan murid. Matahari siang itu barangkali saja panas dan menyengat, namun senyum anak-anak dengan seragam Hizbul Wathan dan TK Aisyiyah memberikan keteduhan. Harapan bagi masa depan. (Pauzan)

Exit mobile version