FKIP UMSU Jalin Kerja Sama Internasional dengan Asosiasi Sekolah Islam Thailand 

FKIP UMSU Jalin Kerja Sama Internasional dengan Asosiasi Sekolah Islam Thailand 

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  (FKIP UMSU) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional sebanyak 45 mahasiswa di Satun, Thailand. Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari kerja sama antara FKIP UMSU dengan Assosiation of Islamic Private School Satun, Thailand, Selasa (29/8).

Pertemuan kerja sama ini diawali dengan serah terima mahasiswa kepada 16 sekolah yang dibawahi oleh asosiasi tersebut. Dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen kerja sama (MoA) yakni oleh  Dra. Hj. Syamsuyurnita, M. Pd. selaku Dekan FKIP UMSU dengan Mr. Madren Layod selaku President Assosiation of Islamic Private School Satun, Thailand.

Penandatangan MoA terkait KKN Internasional, Penelitian dan Pengabdian Kemasyarakatan International Dosen, Program Alumni FKIP UMSU Mengajar di Satun serta Penguatan Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Melayu). Perihal ini disambut baik oleh semua pihak, khususnya Asosiasi Islam Satun dan Pemerintahan atau Kerajaan Provinsi Satun.

Turut menyaksikan penandatangan MoA, WD III FKIP UMSU Dr. Mandra Saragih, M. Hum dan  Mrs. Bussarin Nakaubon selaku Director of Assosiation of Islamic Private School Satun, Thailand. Hadir juga Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU Mutia Febiyana, M.Pd dan Sekretaris Prodi Bimbingan Konseling FKIP UMSU, Sringayomi, M.Psi.

Kemudian, Dekan FKIP UMSU Dra. Hj. Syamsuyurnita, M. Pd menjelaskan, KKN dilaksanakan selama 25 hari dikuti sebanyak 45 mahsiswa terdiri dari Jurasan PGSD, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bimbingan Konseling.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program KKN Internasional FKIP UMSU yang dikonversi kepada 12 SKS dan Bebas Tugas Akhir (Skripsi),” ujarnya.

Dalam sambutannya Mrs. Dr. Bussarin selaku Direktur Assosiation of Islamic Private School Satun, Thailand mengungkapkan bahwa pemerintah atau kerajaan Provinsi Satun menerima dengan sangat senang atas terjalinnya kerja sama ini.

“Kita sangat mendukung program ini untuk peningkatan SDM, khususnya membuka mindset siswa-siswa kita untuk berpikir maju demi masa depan mereka,” tutur Bussarin.

“Saya juga berterima kasih kepada Muhammadiyah University (UMSU-red) yang telah menggagas dan mempercayakan kami menjadi tempat lokasi Program,” imbuhnya.

Presiden Asosiasi juga menyampaikan bahwa ini pertama kalinya kami menjalin kerja sama internasional dengan perguruan tinggi. Oleh sebab itu, ia sangat berterima kasih kepada UMSU yang sudah mempercayai Assosiation of Islamic Private School Satun Thailand dalam menyelenggarakan program ini.

“Ada 36 sekolah Islam dibawah asosiasi ini akan tetapi kami menempatkan 45 mahasiswa kami ini ke 16 sekolah Insya Allah program ini busa membantu kami dalam meningkatkan kualitas siswa-siswa kami,” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP mengapresiasi setinggi-tingginya program KKN Internasional yang dilaksanakan oleh FKIP UMSU.

“Kita sangat mendukung karena ini adalah salah satu kegiatan yang mampu membuka diri untuk melakukkan kerja sama dan kolaborasi tingkat internasional, khususnya di sektor pendidikan,” ujar Prof Agussani.

Beliau pun berharap program ini bisa terus dikembangkan dan lebih ditingkatkan di masa akan datang. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version