Pentingnya Life Management Training bagi Calon Jamaah Haji

Pentingnya Life Management Training bagi Calon Jamaah Haji

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Asy Syamsu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Life Management Training (LMT) For Haji selama satu hari penuh. Kegiatan ini merupakan program KBIHU Asy Syamsu yang menjadi unggulan, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pengalaman, dan skill dan mengelola pelaksanaan ibadah haji dan Umroh, sehingga jamaah haji mempunyai kemandirian, sebagaimana jargon atau tagline”KBIHU Asy Syamsu mandiri dan mabrur”.

Acara berlangsung di Balai Muhammadiyah Wonogiri, Kamis, 8 February 2024, yang diikuti 164 calon jamaah haji 2024 dari KBIHU Asy Syamsu.  Hadir Ketua KBIHU Asy Syamsu Drs. H. Kusaini yang juga sebagai Wakil Ketua Piminan Daerah Muhammadiyah Wonogiri yang membidangi Majelis Tarjid dan KBIHU Asy Syamsu.

Dalam sumbutanya Drs. H. Kusaini berharap pelaksanaan LMT For Haji agar menambah kemampuan dan kepercayaan diri jamaah dalam menunaikan ibadah haji, harapannya kelak menjadi haji mabrur. “Tujuan LMT For Haji adalah karakter jamaah yang mandiri dan Ikhlas, sikap individualitas, sesuai manasik yang telah diajarkan, membangun soliditas jamaah, kemampuan kerjasama yang solid dalam regu dan rombongan, agar antar jamaah timbunya saling memberi, bukan meminta pelayanan antar teman sehingga yang kuat membantu yang lemah, terbangunnya kesetiakawanan jamaah”. Demikian tandas Kusaini dalam sambutannya.

Sementara dalam Training menghadirkan trainer Ir. H. Seno Hadi Sumitro, MM., M. Ag. yang dikenal sebagai motivator sekaligus dalang yang kondang.

Seno menjelaskan Riwayat “Infaq untuk haji sama dengan infaq untuk fisabilillah satu dibalas dengan tujuh ratus kalinya” (HR. Ahmad). “Uang haji/umroh dikembalikan berlipat-lipat”. Tandas Ustadz Seno sapaan akrabnya.

Pada sesi siang Seno Kembali menyampaikan untuk membangun mindset yang positif keberangkatan ibadah haji adalah dengan menyiapkan mimpi-mimpi yang ditulis secara rinci dan didoakan di depan ka’bah kalau bisa didekat Multazam, maka semua peserta diberi lembar kerja yang isinya proposal hidup kepada Allah Swt dari masalah agama hingga masalah kehidupan yang mantap.

Adapun susunan acara Life Manajemen Training For Haji KBIHU Asy Syamsu Muhammadiyah diawali dengan senam pernafasan, opening ceremony, pembacaan kalam Ilahi, sambutan Tunggal ketua KBIHU Asy Syamsu, perkenanan Tim LMT, zero Mindset, ice breaking dan trust building, the rules of training.

LK 1 membangun raksasa tidur, merubah mindset. LK 2 membedah masa lalu dan menghitung nikmat Allah hingga pukul 12.00 dilanjutkan istirahat shalat dan makan. LK 3 the power of dream sampai pukul 14.15. LK 4 the power of focus sampai pukul 14.15. LK 5 life navigator  sampai pukul 15.00. dilanjutkan sitirahat sholat. Goal setting pukul 15.30-16.30 diakhiri dengan penutupan.

Peserta mengikuti rangkaian kegiatan dengan antusias  karena dikemas sedemikian rupa sersan, serius tapi santai, bahkan sangat menyenangkan diselingi ice breaking yang bermakna. (Muhammad Julijanto).

Exit mobile version