Berkemajuan, 30 Tim Falakiyah PDM Lamongan Dikukuhkan

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 30 orang Tim Falakiyah dikukuhkan oleh KH Shodikin Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan (Ahad, 4/4/2021). Mereka dikukuhkan setelah mengikuti pelatihan selama tiga bulan yang diselenggarakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Lamongan

Menurut Drs Kono, M Ag Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Lamongan sebanyak 30 orang Tim Falakiyah yang dikukuhkan itu berasal dari para pendidik tingkat sekolah lanjutan atas sekabupaten Lamongan. Mereka rata rata guru eksak di sekolahnya.

“Dengan tema Ilmu Falak, Integrasi Syariah, Figh Astronomi dan Sains Teknologi diharapkan agar para peserta mampu menguasai ilmu falak dan mampu mengimplementasikan di masyarakat”, ujarnya

Pelatihan ini diselenggarakan atas kerja sama Majelis Tarjih dan Tajdid, Majelis Dikdasmen PDM Lamongan dan Yayasan Falak Surabaya. Pelatihan ini diasuh langsung oleh DR. H. Sriyatin Shodik, M Ag. M.H, anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga menjabat sebagai Kepala Pengadilan Agama Lamongan.

Selain materi teori yang dilaksanakan di kampus Universitas Muhammadiyah Lamongan, diberikan juga praktek lapangan. Seperti yang dilakukan di lokasi WBL (Wisata Bahari Lamongan) Tanjung Kodok Paciran dan praktek cara menentukan arah kiblat shalat.

Peserta pelatihan mendapat fasilitas seragam rompi Falak Sains, software dan aplikasinya hisab, dan sertifikat pendidikan 150 jam pelajaran.

Bersamaan dengan acara pengukuhan Tim Falakiyah PDM Lamongan diselengarakan juga sosialisasi hasil Munas Tarjih ke XXXI tentang penetapan awal waktu shubuh dan sosialisasi penetapan awal bulan Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1442 H. Adapun pematerinya adalah Dr. H. Sriyatin Shodiq, S.H., M.Ag., MH, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengeluarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah.

Dari ijtimak tersebut, jelang Ramadhan 1442 Hijriah terjadi pada Senin, 12 April 2021 pukul 09.33.59 WIB. Adapun tinggi bulan saat terbenam matahari di Yogyakarta, hilal sudah wujud dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam matahari itu bulan berada di atas ufuk.

Kemudian ijtimak jelang Syawal 1442 H terjadi pada Rabu Pon, 12 Mei 2021 pukul 02.03.02 WIB. Sehingga, 1 Syawal 1442 H atau Idul Fitri, ditetapkan jatuh pada Kamis Wage, 13 Mei 2021.

Kegiatan bertempat di aula pertemuan Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat. (Fathurrahim Syuhadi)

Exit mobile version