MPLS, SMP Muhim Terapkan Pendidikan Karakter Anti Bullying

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Untuk menyambut kehadiran para peserta didik baru ini, diperlukan adanya kegiatan pengenalan terhadap lingkungannya yang baru di SMP Muhammadiyah Imogiri (SMP Muhim). Walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19 serta adanya aturan PPKM darurat, SMP Muhammadiyah Imogiri tetap menjalankan kegiatan MPLS pada tanggal 12-14 Juli 2021 secara tatap maya (virtual) melalui zoom meeting serta youtube sekolah.

Artinya, seluruh kegiatan MPLS diikuti oleh peserta didik dari rumah masing-masing dan dikendalikan serta dievaluasi secara blended oleh tim panitia MPLS. MPLS tahun ini mengambil tema “berkarakter, tangguh dan berpribadi unggul ditengah pandemic Covid-19”.

Opening Ceremonial kegiatan MPLS ini secara serentak dibuka oleh BUPATI Bantul H. Abdul Halim Muslih dengan diikuti oleh semua SD/SMP/SMA/SMK se-Kabupaten Bantul. Kemudian dilanjutan sambutan oleh Kepala dinas Dikpora Kab. Bantul Drs. Isdarmoko, M.Pd. M.M.Par. Arahan bapak Bupati yakni: “anak didik adalah amanah dari orangtua, bersama kita tumbuhkan lingkungan dan suasana sekolah yang menyenangkan, mari kita kembangkan budaya sekolah yang menumbuhkan aspek akademik serta literasi dasar dan nilai agama, kebangsaan dan kebudayaan”.

Kemudian tabuh MPLS secara internal dibuka oleh kepala sekolah SMP Muhammadiyah Imogiri, Novesta Tisnadi, M.S.I. ”tetap tumbuhkan semangat belajar serta mengikuti MPLS walaupun ada jarak dan masih dalam keadaan pandemic Covid-19”, tegasnya. Selanjutnya dukungan dan motivasi dari ketua IPM/OSIS Hazira Azka Darwisy untuk memcau semnagat adik-adik kelasnya.

Melalui kegiatan MPLS ini peserta didik baru diperkenalkan secara detail tentang pengenalan visi, misi, program, lingkungan sekolah, tata tertib, pengenalan stakeholders sekolah, serta program program ekstrkurikuler, paparan kurikulum dan beban belajar serta paparan mapel ke-Islaman sebagai mapel khusus disekolah Muhammadiyah.

Pemberian materi-materi yang penting lainnya antara lain: pendidikan karakter anti bullying, kesadaran berbangsa dan bernegara oleh pihak polsek Imogiri, sosialisasi FORTASI oleh rekan PC IPM Imogiri. Dan sehubungan dengan masih adanya  pandemi  Covid-19. maka  disetiap  awal dan akhir sesi  materi  selalu disisipkan anjuran tetap menjalankan prokes dimanapun berada oleh Aris Widada, SHI sebagai moderator kegiatan.

Setiap akhir sesi, peserta didik diminta membuat resume kemudian dikumpulkan melalui WhatsApp grup. Panitia akan memberikan reward kepada peserta didik yang terbaik dalam menyelesaikan tugas-tugas atau kegiatan MPLS dengan memberikan hadiah berupa buku, alat tulis kuota internet dan lain-lain. Kegiatan MPLS secara umum bertujuan memperkenalkan lingkungan baru di sekolah baik lingkungan fisik atau non fisik sehingga peserta didik baru dengan mudah beradaptasi,

Memberikan bekal pengenalan kegiatan intrakulikuler, Mempersiapkan peserta didik berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler, Memberikan wawasan terhadap peserta didik baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi peserta didik yang cakap, tanggap, dan pembiasaan terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah, serta Memberikan kesan yang positif pada peserta didik baru dan hal yang menyenangkan terhadap lingkungan pendidikan di SMP Muhammadiyah Imogiri. (Aris Widada/Riz)

Exit mobile version