PCM Cileungsi Gelar Bimtek Pangkalan Data EduMu

PCM Cileungsi Gelar Bimtek Pangkalan Data EduMu

BOGOR, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cileungsi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pangkalan Data EduMu Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah diikuti oleh 335 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, operator dan guru-guru dari sekolah-sekolah Muhammadiyah di Cileungsi.

Ketua PCM Cileungsi Nasihin menegaskan bahwa Pangkalan Data ini merupakan program stretagis dan penting dari Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah.

“Nantinya berbagai keputusan penting harus berdasarkan data yang akurat dan ter-update, bagi Majelis Dikdasman Tingkat Pusat, Wilayah, Daerah, hingga Cabang,” ujar Nasihin yang juga Ketua Tim Pangkalan Data Pusat Dikdasmen saat pembukaan kegiatan (15/09/2022).

Nasihin menerangkan bahwa Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah sudah bekerja sama dengan Kemendikbudristek dan Kemenag untuk mendaparkan data dasar.

“Namun data dasar ini harus di-verval (verifikasi dan validasi, red.) secara terus-menerus dan dilengkapi, terutama data-data detail sekolah karena pihak kementerian tidak menyediakan bagian data tersebut,” ujarnya.

Nasihin menerangkan bahwa pembaharuan data adalah proses raksasa yang tidak akan mengenal jeda henti karena data terus bergerak dengan dinamis.

‘Untuk itu kami menggandeng EduMu (Edukasi Digital Muhammadiyah, red.) untuk membantu merumuskan algoritma data termasuk penentuan titik koordinat lokasi setiap sekolah yang tentu saja membutuhkan keahlian khusus,” ujarnya.

EduMu merupakan learning management system (LMS) yang dikembangkan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah bekerja sama dengan PT Utama yang merupakan Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM) dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

“Dengan menggunakan EduMu, maka pembaharuan data selanjutnya dari setiap sekolah akan dilakukan secara otomatis, bahkan data administrasi dan akademik harian akan terekam dan dapat dimonitor oleh Majelis Dikdasmen melalui dashboard,” ujar Ketua Majelis Dikdasmen PCM Cileungsi Ana Widyastuti.

Ana menambahkan bahwa EduMu selain berfungsi sebagai updater otomatis Pangkalan Data juga memberikan pelayanan kemudahan untuk guru dan siswa dalam pembelajaran digital serta memberikan informasi penting bagi wali murid.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Pangkalan Data EduMu yang telah menyediakan waktu untuk memberikan Bimtek ini bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah di Cilleungsi. Insya Allah dengan digitalisasi data dan pembelajaran ini maka sekolah-sekolah kami akan terus maju dan meningkat kualitasnya bagi dari sisi akademik maupun pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya.

Sekolah-sekolah yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari SD Muhammadiyah 1, 2, 3 Cileungsi, SD Muhammadiyah Jonggol, SMP Muhammadiyah 1, 2 Cileungsi, SMA Muhammadiyah Cileungsi, dan SMK Muhammadiyah 1, 2, 3, 4 Cileungsi. (HA/Riz)

Exit mobile version