Muhammadiyah Medan Siapkan Rumah Tahfidz Modern

Gerakan Amal Saleh Tabligh Akbar Kumpulkan Dana Rp 120 Juta

Muhammadiyah Medan Siapkan Rumah Tahfidz Modern

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan menggelar Tabligh Akbar, Sabtu (12/11) di Gedung Dakwah PCM Medan Kota, Jalan Tuba Medan. Ustadz Syamsul Arifin Nababan menjadi pembicara tunggal pada kegiatan yang dihadiri ratusan warga Muhammadiyah Kota Medan.

Tabligh Akbar dihadiri Ketua PDM Medan Drs. Burhanuddin MAg, Sekretaris Satiman SPd, beberapa wakil ketua, Perwakilan Bank Indonesia (BI) dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Kota Medan.

Tabligh Akbar yang diinisasi LazisMu Kota Medan ditandai dengan kegiatan pentasyarufan 20 persen program filatrofi keluarga, gerakan amal saleh untuk pembangunan Rumah Tahfidz Muhammadiyah Kota Medan.

Ketua LazisMu Kota Medan Muhammad Arifin Lubis menjelaskan perkembangan LazisMu Kota Medan sebagai lembaga amil zakat infaq dan sadaqah yang dikelola Muhammadiyah Kota Medan. Kata Arifin, LazisMu menjadi Lazis dengan pertumbuhan terbaik di Indonesia. ” Guna menjaga kepercayaan dan akuntabilitas laporan keuangannya, maka LazisMu Kota Medan telah diperiksa ( di audit ) oleh LazisMU PP Muhamamdiyah melalui akuntan publik.

Muhammad Arifin juga menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Medan yang telah mendukung dan mengawal perjalanan LazisMu Kota Medan selama ini.

Terkait dengan rencana ronovasi Rumah Tahfidiz Quran, Arifin menjelaskan rencana ronovasi yang diharapkan rumah tahfidz Quran itu dapat menampung santri dan musrif menjadi lebih baik.

Sementara itu, Ketua PDM Kota Medan, Drs., Burhanuddin MAg menjelaskan, pengembangan rumah tahfidz Quran dilakukan guna meningkatkan kualitas dan hasil yang ingin dicapai. Rumah Tahfidz itu hibah dari donatur Muhamamdiyah, Azwani Jln berlokasi Tegal Sari II Medan. Rumah Tahfidz ini akan terus dikembangkan. Infaq lainnya adalah satu lokasi di Pecut Sei Tuan yang akan digunakan menjadi Pusat Layanan Muallaf ( Muallaf Center Muhammadiyah Medan).

Kegiatan tabligh akbar ditandai dengan dilakukannya gerakan amal saleh yang akan diperuntukkan bagi renovasi rumah tahfiz yang mdoern dengan fasilitas yang lebih lengkap. Rumah Tahfiz akan direnovasi dengan anggaran lebuh dari satu miliar. Gerakan amal saleh berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 120 Juta.

Filantropi Aisyiyah Medan

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Medan, Kholissani Nasution, pada acara tabligh akbar itu menjelaskan kerjasama yang dilakukan LazisMu dengan PD Aisyiyah dalam rangka pengembangan filantropi Aisyiyah. Dijelaskan, Aisyiyah Kota Medan memiliki 127 ranting dan yang sudah aktif melakukan penggalangan dana ada sebanyak 65 ranting. Kholissani berharap beberapa ranting yang belum mengembangkan program filatropi LazisMu.

Pada kesempatan itu, LazisMu menyerahkan dana  sebesar Rp 48.246.300 kepada PD Aisyiyah Kota Medan sebagai bagian dari pentasyarufan 20 persen program filatrofi keluarga. Untuk pengembangan kerjasama antara LazisMu dengan Aisyiyah Kota Medan telah dibuka Kantor Layanan LazisMu Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Medan. Kerjasama ini, adalah yang pertama di Sumatera Utara. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version